FORTUNE Indonesia Summit 2022: Membangkitkan Semangat Berbisnis yang Sustainable

Majalah Fortune Indonesia pada tanggal 18 dan 19 Mei lalu sukses menggelar perhelatan besar pertama setelah Covid 19. Dengan tajuk FORTUNE Indonesia Summit 2022, pebisnis dari berbagai bidang hadir untuk membagikan pengalaman mereka agar bisa bertahan menghadapi ekonomi yang tidak stabil.

Agar bisa tahan dalam menghadapi persoalan tantangan dunia bisnis semua pihak perlu terus berinovasi, bergandengan tangan serta berkolaborasi. FORTUNE Indonesia Summit menjembatani hal tersebut dengan mempertemukan pengusaha dari berbagai bidang serta audiens. Harapannya, perhelatan tersebut mampu menghadirkan networking untuk semua stakeholder.

Acara kali ini sangat lengkap, berbagai sesi diskusi dan dengan narasumber yang kompeten. Fortune juga memberikan penghargaan pada pelaku usaha dalam sesi awarding bertajuk “Fortune Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40”.

Perhelatan ini mengangkat tema besar adalah insight penting bagi ekosistem usaha di Indonesia, yaitu impact, sustainable dan growth. FORTUNE Indonesia Summit diharapkan bisa menjadi platform untuk stakeholder dan pelaku bisnis paling berpengaruh untuk terus bersinergi.

Bangkitkan sektor pariwisata

Sebagai salah satu bidang yang secara langsung terdampak covid 19, sektor pariwisata seperti mati suri. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno berharap perhelatan ini dapat menjadi konferensi terbesar bidang ekonomi dan bisnis.

Harapan berikutnya, perhelatan FORTUNE Indonesia  ini dapat menjadi ajang bagi pemimpin perusahaan, entrepreneur dan pelaku bisnis untuk saling belajar secara lintas bidang Industri. Selanjutnya, Sandiaga Uno juga menaruh harapan agar perhelatan ini mampu membangkitkan kembali sektor industri pariwisata.

Value, cara bertahan di tengah krisis

Poin lain dari acara FORTUNE  Indonesia kali ini adalah bahwa untuk dapat bertahan di tengah terpaan masalah adalah harus mempunyai value. George Hendrata, CEO tiket.com menyampaikan bahwa industri pariwisata Indonesia mempunyai banyak potensi.

Platform tiket.com yang awalnya hanya melayani pembelian tiket sampai saat ini dapat menjadi one stop service untuk kebutuhan pariwisata. Menurut George, rahasia suksesnya adalah customer centric core value. Inovasi tiket.com bahkan sebelumnya  tidak terpikirkan oleh konsumen.

Dalam menghadapi covid yang menghantam dunia pariwisata, George melakukan beberapa langkah antara lain fokus pada problem solving dan meningkatkan customer service. Selain itu juga berani mengambil resiko dan optimis serta cepat beradaptasi.

Salman Subakat, CEO PT Paragon Technology and Innovation juga mengungkapkan hal senada. Dengan value perusahaan yang kuat semakin erat budaya perusahaan dalam mempengaruhi karyawan. Secara tidak langsung akan terbentuk engagement. Meski perusahaan dalam kondisi terpuruk, karyawan tetap loyal dalam bekerja dan bertahan serta bersama membangkitkan eksistensinya.

Keberhasilan Pemimpin Perempuan

Dalam sesi lain, FORTUNE Indonesia Summit 2022 menghadirkan tiga pembicara perempuan yang saat ini menduduki posisi teratas dalam perusahaan. Paparannya menyampaikan bahwa perempuan mendapat banyak tantangan, justru bukan dari internal melainkan pihak luar yang sanksi terhadap kemampuannya. Terlebih pada saat menduduki sektor yang didominasi oleh pria, masih terjadi bias gender.

FORTUNE Indonesia Summit menghadirkan Sinta W Kamdani, CEO Sintesa Group, Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur OCBC Niaga dan Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kesimpulannya adalah pemimpin perempuan harus mempunyai sikap rendah hati, profesional, bekerja keras, tidak membatasi diri dalam berkarya dan memanfaatkan kesempatan, serta going extra mile.

Content is the king

Dunia digital memberi peluang bisnis yang sangat besar. Bahkan media sosial terbukti mampu menjadi jembatan untuk memperpanjang karir entertainer dalam industri hiburan. Dalam sesi “The Future of Media”, Managing Director EMTEK Sutanto Hartono, Wiston Utomo CEO IDN Media dan Artis Raffi Ahmad Chairman RANS Entertainment mengamini bahwa Content is king.

EMTEK mengambil langkah dengan menyediakan konten berdurasi variatif sesuai kebutuhan pelanggan. Sedangkan RANS bersama EMTEK melakukan ekspansi ke ranah OTT. RANS juga merambah media metaserve. IDN media melakukan diversifikasi dengan empat pilar, content platform, digital media, commercial dan entertainment.

Menurut ketiga narasumber, untuk bertahan dan tetap mendapatkan hati pelanggan perlu melakukan kolaborasi antara media baru dengan konvensional. Langkah ini penting guna meningkatkan impact.

Tanggung jawab pebisnis dalam menjaga keberlangsungan lingkungan

Fortune Indonesia Summit 2022

Sesi berikutnya adalah talkshow yang membuka pikiran audiens bahwa dalam bisnis tidak hanya mengenai profit, melainkan juga keberlangsungan lingkungan. Pelaku bisnis harus turut serta memikirkan dan menjaga lingkungan.

Dalam sesi dengan judul “When Profit Meets the Planet” ini menghadirkan pembicara Founding Partner AC Ventures dan Vice President Director TBS Utama, Pandu Sjahrir dan Ganesan Ampalavanar, Presiden Direktur Nestlé.

Pandu menyampaikan bahwa untuk mewujudkan transisi transportasi menggunakan energi terbaharui, saat ini tengah mengembangkan ekosistem listrik. Ini dilakukan dari hulu sampai hilir. Sedangkan menurut Ganesan, Nestlé berkontribusi dalam mengatasi perubahan iklim.

Namun keduanya sepakat bahwa harga kemasan ramah lingkungan jauh lebih mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu melibatkan banyak pihak pemangku kepentingan. Harapannya adalah dapat menekan harga sehingga tetap terjangkau.

Untuk dapat menghadiri acara ini, peserta cukup dengan berlangganan majalah Fortune Indonesia selama 12 bulan melalui official di Tokopedia. Info resminya juga ada pada instagram Fortune Indonesia.

Harapan penyelenggara, FORTUNE Indonesia Summit 2022  mampu memberikan banyak peluang dan kesempatan pengembangan bisnis yang sustainable. Bukan hanya dalam sektor usaha, tetapi juga ramah lingkungan sehingga tidak merusak alam.

Sumber:

https://www.popmama.com/life/health/dwi-oktaviani/fortune-indonesia-summit-2022-tantangan-dan-peluang-baru-dunia-bisnis/5

https://wartaekonomi.co.id/read415524/sandiaga-uno-berharap-fortune-indonesia-summit-2022-bisa-jadi-pendorong-pariwisata-indonesia

https://www.popbela.com/career/working-life/niken-ari/fortune-indonesia-summit-2022-suarakan-semangat-membangun-indonesia/4

https://fortunesummit.fortuneidn.com/

 

 

 

 

8 tanggapan pada “FORTUNE Indonesia Summit 2022: Membangkitkan Semangat Berbisnis yang Sustainable”

  1. Value adalah hal penting dalam sebuah bisnis. Dan FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini semakin mempertajam value masing-masing lini bisnis di ekosistem bisnis Indonesia. Terima kasih atas sharingnya:)

  2. Perhelatan yang pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh para pebisnis. Dengan adanya ajang Fortune Indonesia Summit 2022 dengan menghadirkan para pembicara yang sudah memiliki jam terbang dan sebagai pebisnis yang sukses, setidaknya dapat membangkitkan semangan pada generasi muda yg ingin memulai terjun di dunia bisnis. Semoga saja acara ini terus berlangsung tiap tahun

  3. acara yang bergengsi sekaligus bisa menambah ilmu buat belajar dari mereka yang sudah sukses terlebih dahulu untuk dicontoh. moga aja tahun depan masih ada acara ini ya.

  4. Saat ini banyak yang semakin aware soal sustainability ya mba. Bisnis ternyata bisa banget berkontribusi dalam penyelamatan lingkungan. Semoga tahun depan Fortune Indonesia Summit membahas lebih dalam soal sustainability ini

  5. The very next time I read a blog, I hope that it does not disappoint me just as much as this one. After all, I know it was my choice to read through, but I genuinely thought you would have something interesting to say. All I hear is a bunch of moaning about something you could fix if you were not too busy searching for attention.

Tinggalkan Balasan