5 Manfaat Ikut Lomba di Sekolah untuk Anak SD

Lomba di sekolah

Ketika mendapat WA dari wali kelas si sulung mengenai kompetisi sain dan beberapa bidang studi lain, saya menyambut dengan gembira. Berharap si kakak yang baru kelas dua SD mau ambil bagian karena manfaat ikut lomba di sekolah menurut saya sangat banyak.

Alhamdulillah tanpa harus mengeluarkan jurus rayu merayu, kakak langsung setuju untuk mendaftar. Pertama ikut lomba secara online pada bulan Oktober 2021. Setelah itu hampir setiap mendengar ada event selalu segera mendaftar.

Saya sendiri dari kecil juga sangat senang mengumpulkan piala dan piagam. Mulai dari lomba puisi ketika TK, cerdas cermat saat SD. Di kedua jenjang ini Alhamdulillah pernah menang di tingkat kabupaten.

Bahkan ketika kuliah pun setiap ada kompetisi karya tulis selalu ambil bagian. Beruntung, pernah mewakili Universitas Sebelas Maret dan menang tingkat nasional.

Kembali ke si kakak. Ketika mendengar dia setuju untuk ikut lomba tentu sebagai ibu saya senang sekali. Menang atau kalah, itu urusan belakang. Yang penting adalah keberaniannya untuk ikut ambil bagian. Apa sih manfaat ikut lomba di sekolah, ini 5 poin yang Mommy perlu tahu:

1. Mengajarkan berkompetisi

Sejak kecil anak harus belajar untuk bersaing dan survive. Tentu yang berkaitan dengan hal positif ya Mom. Kelak anak akan melewati banyak kompetisi dalam menjalankan hidupnya. Mulai dari bersaing untuk mendapatkan sekolah terbaik, pekerjaan yang paling sesuai dan lainnya.

Semangat untuk berkompetisi harus dibangun sejak kecil. Dengan demikian anak terbiasa untuk berjuang dan berusaha mencapai apa yang menjadi impiannya. Ini penting untuk bekal hidup. Kemampuannya untuk survive akan menjadi bekal kesuksesannya kelak saat dewasa.

2. Mengajarkan sportifitas

lomba di sekolah

Dalam menjalani kehidupan ada dua hal yang tidak terpisahkan. Kalah dan menang. Gagal dan berhasil. Anak-anak harus belajar untuk memperjuangkan apa yang menjadi keinginannya dengan cara benar.

Namun juga perlu menyiapkan mental untuk menerima kekalahan. Bahkan yang juga penting adalah sikap responsif terhadap keberhasilan lawan yang sudah bertanding secara sportif.

Semua peserta tentu ingn mendapat kemenangan. Anak akan belajar bagaimana bekerja keras menghadapi materi lomba dan bersaing dengan peserta lain. Jika kalah, anak akan belajar untuk “legowo” menerima hasil akhir dan  keputusan juri dengan tetap berbesar hati.

3. Menambah pengetahuan

Yes, poin ini pasti dong. Sebelum bertanding tentunya anak harus membekali diri belajar materi yang menjadi objek perlombaan. Dengan demikian pengetahuannya akan bertambah.

Anak-anak juga akan berinteraksi dengan orang lain, baik panitia maupun lawan. Pengetahuan mengenai tata laksana perlombaan juga bisa menjadi ilmu baru.

https://jejaklangkahbundaisna.com/2022/05/08/8-poin-penting-saat-memilih-sekolah-sd-untuk-buah-hati/

4. Meningkatkan percaya diri

Rasa percaya diri pada anak-anak harus dipupuk sejak kecil. Mereka perlu mendapat dukungan agar berani mencoba. Sebagai orang tua, peran kita sangat penting. Bahkan mungkin perlu berulang kali melakukan briefing dan meyakinkan buah hati. Dengan berkompetisi, anak akan lebih percaya diri.

5. Pengalaman

Poin kelima ini tidak kalah pentingnya. Pengalaman mengajarkan banyak hal pada anak. Wawasannya pun bisa bertambah. Apalagi jika mengikuti event atau perlombaan di tingkat yang lebih tinggi dan penyelenggaraannya di luar lingkungan sekolah. Tentu ini menjadi sesuatu yang tidak akan terlupakan.

Dukungan dan peran dari orang tua ketika anak akan mengikuti lomba di sekolah atau lingkungan luar sangat penting. Namun jangan sampai terobsesi harus keluar sebagai juara karena hal tersebut akan membebani anak.

Biarkan mereka mengikuti ajang perlombaan dengan fun. Tujuan utamanya bukan hanya sekedar kemenangan, piala dan hadiah, tetapi pengalaman dan membentuk karakter anak menjadi pribadi yang sportif, mau berusaha dan siap menerima semua hasil.

https://id.theasianparent.com/lomba-anak-dan-dampaknya#:~:text=Dampak%20positif%20mengikuti%20lomba%20bagi%20anak&text=Seperti%20pada%20lomba%20mewarnai%2C%20anak,tehnik%20mewarnai%20yang%20sudah%20dipelajarinya.

Ketika si sulung bersiap untuk lomba, saya selalu menekankan untuk mempersiapkan diri secara maksimal dengan belajar. berikutnya berdoa, selanjutnya berusaha sebisa mungkin dan menyerahkan hasilnya pada Yang Kuasa. Alhamdulillah, beberapa kali ikut event selalu berhasil membawa pulang piala.

Saya pun memberikan apresiasi berupa pujian dan semangat untuk terus belajar lagi. Kenapa? Yang saya sampaikan adalah lawan atau peserta lain karena kalah, mereka belajar lebih giat, maka dia pun tidak boleh ketinggalan.

Mom, manfaat ikut lomba di sekolah bagi siswa SD sangat banyak. Oleh karena itu, ada baiknya Mommy dukung mereka untuk ikut ambil bagian. Namun jangan membuat target harus menang. Jika akhirnya dapat membawa pulang sebuah piala adalah bonus. Semoga anak-anak tetap enjoy dengan semua aktivitasnya.

 

Tinggalkan Balasan