Ibu Hamil Naik Pesawat, Amankah?

ibu hamil naik pesawat

Hay Mom ketemu lagi dengan emaknya duo Asyraaf

Beberapa hari lalu muncul di beranda media sosial pertanyaan seorang mbak yang sedang hamil anak pertama mengenai apakah tetap aman, ibu hamil naik pesawat. Pertanyaan ini pernah saya sampaikan kepada dokter kandungan sewaktu hamil anak pertama, 9 tahun yang lalu.

Pada saat itu hasil USG menunjukkan saya hamil 5 minggu dan  harus berangkat dari Jakarta ke Jambi. Kebetulan keluarga pihak suami mengadakan resepsi pernikahan kami. Acaranya sekitar dua bulan setelah akad nikah dan resepsi di rumah orang tua saya, Solo. Istilahnya kalau orang Jawa, unduh mantu. Jelas saya harus hadir. Tidak mungkin kan pengantin tidak duduk di pelaminan.

Kebetulan saya memeriksakan kehamilan di RS YPK Menteng dengan dokter kandungan, dr Nadhir, SPoG. Beliau menyarankan agar saya tidak berangkat, tapi bagaimana mungkin. Menurut beliau usia kehamilan 5 minggu tersebut masih sangat rawan untuk perjalanan jauh.

Setelah berdiskusi panjang lebar, termasuk apa yang harus saya lakukan dan kemungkinan terburuk, beliau mengatakan “monggo” kalau mau berangkat. Namun harus ekstra hati-hati. Nah, akhirnya saya langsung memesan tiket untuk keberangkatan seminggu ke depan.

Beruntung, kehamilan ini tidak rewel, tanpa morning sick, mual dan lainnya. Hanya saja, sampai di minggu kelima tersebut badan sempat menggigil. Demam di malam hari dan sehat pada pagi harinya. Rasa sakit tersebut sudah tidak muncul setelah pemeriksaan kehamilan pertama tersebut.

Ibu Hamil Naik Pesawat, Tetap Aman

Lanjut ke bepergian naik pesawat. Menurut dokter Nadhir, menempuh perjalanan dengan pesawat bagi ibu yang sedang hamil tetap aman, tergantung kondisi ibu dan janin. Saya waktu itu diberi resep obat penguat kandungan untuk antisipasi. Namun sebaiknya menghindari ketika usia kandungan masih di bawah  3 bulan dan setelah 7 bulan.

Nah, agar tetap nyaman, usahakan menggunakan pakaian yang longgar dan tidak memakai sepatu dengan hak tinggi. Jenis sepatu tersebut beresiko untuk terpeleset dan jatuh ketika menaiki tangga pesawat. Begitu juga saat turun.

https://jejaklangkahbundaisna.com/2020/08/04/hamil-di-usia-lebih-dari-40-kenapa-tidak/

Ibu hamil biasanya juga lebih mudah haus dan lapar. Penumpang tidak pernah tahu, apakah pesawat akan mengalami delay atau tidak. Sebaiknya membawa bekal makanan atau minuman sendiri. Terutama untuk perjalanan yang membutuhkan waktu lama. Rasa hambar pada makanan yang tersedia di kabin pesawat mungkin kurang menarik dan menurunkan selera makan.

Pilih Kursi yang Nyaman

Sebaiknya lakukan check in lebih awal. Jika terlambat, justru membuat terburu-buru yang bisa berakibat kepanikan. Ibu hamil harus tetap menjaga mood, jadi jangan sampai hal ini terjadi. Mintalah kursi yang berada di lorong. Tempat ini lebih longgar dibandingkan dekat jendela atau bagian tengah. Sebenarnya kursi dekat pintu darurat lebih lega, tetapi mungkin ada regulasi yang melarang ibu hamil duduk di posisi ini dengan alasan keselamatan.

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/ibu-hamil-naik-pesawat/

Saat yang paling beresiko adalah ketika landing. Benturan keras antara ban pesawat dengan landasan dapat saja membuat posisi kehamilan menjadi kurang nyaman. Mom bisa mengakali dengan membawa bantal empuk sebagai ganjal sehingga benturan tidak terlalu terasa. Usahakan untuk sedikit mengangkat badan saat menyentuh landasan untuk menghindari efek guncangan.

Enjoy your Trip

Nah, Mom. Jika ingin bepergian, ibu hamil naik pesawat sebenarnya tetap aman. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dilakukan. Setiap ibu hamil dan janin mempunyai resiko berbeda tergantung kondisinya. Enjoy Your Trip, Mom!

 

 

4 tanggapan pada “Ibu Hamil Naik Pesawat, Amankah?”

  1. Pingback: 5 Tips Aman Membawa Balita Naik Pesawat, Bisa Dicoba Nih Moms - Bunda Isna

  2. Hey, did you know that you can use robots to build all of the content on your website in just a few clicks? I thought you might want to check out jasperbot.com it’s free to try as well.

  3. Hello, did you know that there are 241,120 internet directories in the world.

    These websites are what drive traffic to YOUR business.

    Want more traffic? Want more Sales? We can help – today.

    Your website jejaklangkahbundaisna.com is listed in only 49 of these directories.

    Get more traffic for your Global audience.

    Our automated system adds your website to all of the directories.

    You can find it here: getlisted.directory/jejaklangkahbundaisna.com

    Act today, and we will expedite your listings and waive the processing charge!

Tinggalkan Balasan