Manfaat Gabung Agensi Content Writer

Wordpress Hosting

Content writer adalah pekerjaan yang banyak digeluti selama pandemi. Saya pernah tertohok dengan ucapan seseorang yang mengatakan tbukan penulis jika belum menerbitkan buku. Sedang saya juga menggeluti dunia penulisan tapi di luar bentuk cetak, tepatnya sebagai penulis konten.

Berawal dari tidak bisa, belajar, kemudian memberanikan diri untuk terjun dan terus mengasah kemampuan. Kalau  mahir, masih sangat jauh, namun setidaknya saya selalu berproses untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas. Beruntung saya mendapat kesempatan untuk belajar pada beberapa mastah content writer, free.
Nah sambil mengerjakan job keyword yang di drop tiap hari, saya terus belajar bagaimana memperbaiki kualitas content. Kerja keras iya, belajar dan begadang, pernah. Tapi semua tidak sia-sia. Setidaknya kePeDean dalam menulis terus bertambah dengan berani mengambil job lebih banyak.

Apa yang didapat dari bergabung dengan agensi content writer

Ini pertanyaan yang sering saya terima. Kalau cuan, pasti. Hasil tulisan saya dibayar. Tentu sangat menyenangkan mendapatkan uang dari kegiatan yang sehari-hari. Saya yakin, pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar.” Ini baru kesenangan pertama, yang lain lebih banyak lagi, yaitu:

Ilmu baru

Bukan hanya ilmu dalam bidang kepenulisan, tetapi juga banyak yang lain. Ilmu kepenulisan tentu saja secara otomatis atau tidak semakin terasah. Dari yang sebelumnya tidak peduli dengan plagiat checker kini semakin mengerti dan paham cara penggunaannya. Secara teknik, bagaimana membuat tulisan yang lebih SEO friendly, nyaman untuk dibaca dan efektif. Bahkan hal mendasar seperti pengaturan heading sekarang semakin mendapat perhatian. Penerapan ilmu tersebut bukan hanya pada job berikutnya tetapi juga tulisan yang di blog pribadi. Di samping itu keberanian untuk mencoba membuat tulisan dengan disiplin ilmu dan tema baru semakin meningkat.

Salah seorang senior pernah mengatakan, untuk sukses sebagai penulis harus mau memulai dari honor dengan rupiah terkecil. Jangan pula pilih-pilih tema. Selama ada waktu, ambil saja.
Ternyata hal ini sangat benar. Pertama mendapat keyword di luar tema yang biasa dikerjakan agak ragu, kemudian mengerjakan dengan was-was, takut salah pembahasan. Namun ternyata kesini semakin menambah wawasan dan pengetahuan. Sebelum menulis suatu tema, tentu mencari referensi dulu. Apalagi jika sebelumnya belum pernah mendengar.

Dari sana saya mempunyai banyak pengetahuan. Semua tema yang sebelumnya belum pernah saya dengar sama sekali, saya berani mengerjakan. Ini ternyata menjadi ilmu baru. Apakah effortnya cukup worth it. Jika melihat waktu yang terbuang untuk mencari referensi dan besarnya  fee, mungkin tidak. Istilahnya, lebih baik mengerjakan tema lain yang lebih familiar sehingga cepat selesai dan mendapat honor. Tetapi dapat memperoleh  ilmu yang tentu sangat lebih dari cukup. Meski awalnya harus memaksakan diri, sekarang untuk semua tema, hayok saja.

https://jejaklangkahbundaisna.com/2021/11/14/profesi-menulis-seluas-dunia/

Dari agency content writer dapat Teamwork

Dalam sebuah agensi semua menjadi bagian yang harus saling mensupport. Jika seorang penulis berhalangan sedang sudah menyanggupi artikel pesanan, maka harus mau membantu mengambil alih tugas tersebut. Tim harus bekerja sama, karena biasanya client sudah memberi dateline, jika terlewat bisa jadi semua proyek batal atau klien tidak mau membayar, tergantung kontrak. Ini tentu merugikan semua pihak.

Dengan tim yang solid semua masalah dapat teratasi. Meski masing-masing mempunyai kesibukan lain, harus ada skala prioritas. Di samping itu, content writer tidak bekerja dalam satu ruangan. Bahkan yang sudah bertahun-tahun kerja sama saja mungkin belum pernah bertemu langsung. Walaupun dari jarak jauh, bisa jadi dari pulau yang berbeda, negara yang berbeda, namun harus mempunyai komitmen untuk menyelesaikan pekerjaan.

Hal seperti ini tentu tergantung dari masing-masing individu, bagaimana dia bersikap terhadap tugas tersebut. Namun attitude untuk bekerja secara profesional sangat penting. Ini akan menjadi track record yang terus akan menjadi bahan penilaian terhadap kinerja.

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/10/05/102338/5-hal-menyenangkan-menjadi-seorang-freelancer

Kebiasaan baru

Bekerja dalam tim, apalagi yang belum pernah bertemu sebelumnya sama sekali, awalnya tidak mudah. Namun dengan komitmen untuk dapat menyelesaikan setiap job dengan baik, semua teratasi.
Kebiasaan baru sering muncul karena kerja sama ini. Dari yang sebelumnya sering mengerjakan job mendekati deatline, sampai mengatur jadwal antara pekerjaan dengan kepentingan pribadi.
Kita juga harus  dapat membuat skala prioritas. Merubah kebiasaan juga memerlukan perjuangan. Semula kembali ke tujuan, mau sukses atau tidak. Akan menjadikan dunia kepenulisan sebagai profesi atau sekedar mengisi waktu.
Itulah enaknya bergabung di agensi content writer, cuan dapat, ilmu dan mendapat pengalaman. Untuk dapat sukses semua tergantung tujuan dan usaha. Dukanya pasti ada, namun tidak sebanding dengan hal baru yang bisa didapat.

Tinggalkan Balasan