Keuangan

Aplikasi Flip, Solusi Hemat Transfer Antar Bank

Di era digital sekarang ini, kita sering di buat mudah oleh teknologi. Saat ini, jika ingin mengirim uang atau transaksi perbankan yang lain, kita tidak harus datang ke kantor bank untuk antri. Kita bisa menggunakan ATM, SMS banking atau mobile banking. Terlebih dalam kondisi pandemi seperti ini, kita harus meminimalkan kontak langsung dengan orang. Belanja online akhirnya menjadi pilihan yang paling tepat. Selain mudah dan cepat, juga tidak perlu mengeluarkan uang transport. Bagi ibu seperti saya, kemudahan ini tentu sangat menguntungkan.

Dalam transaksi perbankan seperti membayar SPP anak, belanja, dan mengirim uang untuk keluarga, saya pasti memilih melakukan ke rekening yang sama dengan rekening bank yang saya gunakan. Alasannya simple, ingin lebih hemat. Jika transaksi dengan rekening bank yang sama, tidak dibebani dengan biaya. Namun jika dilakukan antar rekening yang berbeda, akan dikenakan biaya Rp. 6.500 sekali transaksi. Jumlah yang lumayan. Apalagi jika kita sering melakukan transaksi antar bank tersebut.

Sebagai cara untuk berhemat, saya menggunakan aplikasi flip untuk melakukan transaksi antar bank. Dengan menggunakan aplikasi flip, tidak dikenakan biaya sama sekali. Sejak menggunakan aplikasi ini di tahun 2018 yang lalu, saya sudah hemat Rp. 697.000, sebuah angka yang cukup besar.

Cara penggunaan aplikasi flip cukup mudah. Bunda perlu mendownload aplikasi di playstore kemudian mengaktifkannya dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Penggunaan aplikasi ini free alias gratis dan dalam setiap transaksi yang Bunda gunakan juga gratis. Prinsip kerja dari aplikasi flip adalah Bunda “menitip transfer” melalui rekening flip yang sama dengan rekening tujuan Bunda. Sebagai contoh, jika Bunda pengguna rekening Mandiri dan akan mentransfer ke rekening BNI. Maka yang perlu Bunda lakukan adalah mentransfer uang Bunda ke rekening Mandiri milik flip, kemudian flip akan mentransferkan uang Bunda ke rekening BNI tujuan Bunda melalui rekening BNI milik flip.

Dalam setiap transaksi Bunda harus menambahkan kode unik yang terdiri dari tiga digit angka untuk memudahkan tim flip mendeteksinya. Kode unik ini akan terakumulasi dan dalam jumlah tertentu dapat Bunda ambil atau ditukar dengan pulsa dan paket data.

Bagaimana jika Bunda lupa tidak menambahkan kode unik dalam transaksi? Transaksi Bunda tidak akan dapat diproses. Jika hal ini terjadi, maka agar uang dapat kembali ke rekening, Bunda harus melakukan refund. Petunjuk cara refund sudah tersedia di aplikasi ini. Selain itu flip juga menyediakan fitur chat realtime sehingga jika ada kendala dan pertanyaan Bunda dapat berkomunikasi langsung dengan tim dari flip.

Sayangnya, saat ini aplikasi flip belum dapat diakses 24 jam. Jam kerja flip dari hari Senin-Minggu jam 07.00-20.00 WIB. Jika Bunda melakukan transaksi di luar jam tersebut maka akan diproses hari kerja berikutnya.

Isna

Saya seorang ibu dengan dua anak laki-laki. Saat ini saya aktif bekerja secara profesional di luar rumah. Menulis adalah hoby yang saya geluti saat ini, selain sebagai crafter dengan membuat berbagai model tas rajut. Saya belajar merajut secara otodidak dari youtube.

Sebagai penikmat kopi hitam dan teh hangat manis, rasanya hari belum lengkap tanpa keduanya.

Mimpi saya adalah suatu hari saya bisa hidup sejahtera dari menulis dan mempunyai usaha berbasis craft serta dapat memberi peluang kerja bagi para wanita di sekitar saya.

4 Komentar

  1. Irit ya transfer antar bank pakai flip

    1. Betul mba Ima, aplikasi yang sangat membantu untuk berhemat. Apalagi bagi kita yang sering bertransaksi antar bank.

  2. Waah aku belum download nih flip, padahal penting nih buat usaha ayam organik ku… Kirain ribet tyt simple yaah…

    1. Sangat simple kok mba dan sangat menguntungkan….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *